MEMBEDAKAN IDE POKOK   Leave a comment

MEMBEDAKAN GAGASAN POKOK, SIMPULAN, RANGKUMAN, SARAN, KRITIK, DAN SANGGAHAN
SIMAK PARAGRAF BERIKUT!
Kebiasaan mencontek justru akan memadamkan semangat belajar. Para pencontek biasa berpikir untuk menyiapkan bahan-bahan untuk membuat contekan, nilai yang diperoleh pun kadang lebih bagus dari siswa yang jujur. Nilai boleh saja bagus, namun sebenarnya ia tidak tahu apa-apa dan tidak ada apa-apanya. Ilmu pengetahuannya tidak pernah bertambah karena rajin mencontek. Lalu apa bedanya dengan mereka yang tidak pernah sekolah?

Dari kutipan paragraf tersebut, kita dapat tentukan Ide pokok, simpulan, Rangkuman, Saran, Kritikan, maupun Sanggahannya, yakni sebagai berikut:
Ide Pokok : Kebiasaan mencontek memadamkan semangat belajar
Simpulan : Kebiasaan mencontek dapat merugikan jati diri pelajar
Rangkuman : Kebiasaan mencontek dapat memadamkan semangat belajar karena hanya sibuk membuat contekan, tidak memiliki pengetahuan, dan tidak ada bedanya dengan mereka yang tidak sekolah.
Saran : Para siswa harus menghindari perilaku mencontek
Kritikan : Tidak sepantasnya seorang pelajar mencontek
Sanggahan : Walaupun mencontek, nilai yang bagus justru membanggakan.

Sekarang simaklah dengan saksama teks bacaan di bawah ini, kemudian tentukan Ide pokok, Simpulan, Saran, Kritik, Sanggahan, maupun Rangkuman (Ringkasan) yang masih kosong!

Teks 1

Pada era global, sumber daya manusia (SDM) andal merupakan kebutuhan yang mendasar. Usaha untuk mendapatkan SDM andal dapat dilakukan melalui berbagai cara, misalnya melalui penataran, pelatihan, kursus, lokakarya, seminar, atau kegiatan sejenis. Cara yang paling efektif untuk menghasilkan SDM andal adalah melalui jalur pendidikan. Dengan mengikuti pendidikan tertentu, seseorang dapat belajar berdasarkan kurikulum terprogram dan hari efektif yang pasti.

Ide pokok : Pada era global, SDM yang andal menjadi kebutuhan mendasar
Simpulan : …………………………………………………………..
Rangkuman : SDM yang andal dapat diupayakan melalui berbagai cara antara lain cara pendidikan dan pelatihan
Saran : ……………………………………………
Kritikan : ………………………………………………….
Sanggahan :……………………………………………

Teks 2
Kereta Api Kahuripan dari Bandung ke Kediri anjlok di Desa Kaligunting Saradan, Madiun, Jawa Timur. Kecelakaan diduga disebabkan terlepasnya engsel dan as kereta sehingga roda kereta keluar jalur. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Mungkin karena kereta hanya diisi sekitar 50 penumpang. Saat ditemui di lokasi kejadian, Kepala Humas PT. Kereta Api Daerah Operasi VII Madiun Wahyu Kartono menuturkan, penyebab pasti kecelakaan ada beberapa kemungkinan, antara lain faktor sarana kereta, prasarana rel, dan faktor teknis lainnya.

Ide pokok : ……………………………………………..
Simpulan : Masyarakat harus hati-hati jika menggunakan jasa kereta api
Rangkuman :…………………………………………………..
Saran : Sebaiknya pemerintah menyelidiki penyebab pasti kecelakaan
Kritikan : Faktor kesalahan manusia juga harus diselidiki

MENENTUKAN GAGASAN POKOK

Indikator Soal : Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan gagasan utama paragraf tersebut

1.  Pengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII) memperkirakan sebanyak 400 ribu pengunjung hadir menjelang Tahun Baru 2009.   Perkiraan ini dirasa tidak berlebihan mengingat membludaknya pengunjung pada tahun lalu. Sebagai daya tarik pengunjung, pengelola menyiapkan berbagai acara hiburan dengan tema “Pesta Rakyat”, di antaranya pesta kembang api.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah …
A. pesta kembang api di TMII
B. membludaknya pengunjung TMII
C. perkiraan jumlah pengunjung TMII
D. daya tarik pengelola TMII

KUNCI JAWABAN: C
PEMBAHASAN :
Gagasan utama atau gagasan pokok merupakan pernyataan umum yang terdapat pada kalimat utama.Kalimat tersebut bersifat umum dengan ditandai kata yang merujuknya. Biasanya terdapat pada awal atau akhir pargraf
Kata kunci: pangelola TMII memperkirakan sebanyak 400 ribu pengunjung hadir …. (perkiraan jumlah pengunjung). Kata yang merujuknya: .. perkiraan ini (kalimat kedua); …. pengelola …. (kalimat ketiga)

2. Di bangunan Taman Kupu kita dapat menikmati panorama kupu-kupu. Bangunan ini terletak di samping gedung Museum Serangga. Di sini pengunjung dapat melihat secara langsung berbagai jenis kupu-kupu. Bahkan, di sini juga ada penangkaran, tempat berlangsungnya metamorfosis kupu-kupu.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah .…
A.panorama kupu-kupu
B.bangunan Taman Kupu
C.berbagai jenis kupu-kupu
D.tempat metamorfosis kupu-kupu

KUNCI JAWABAN : B
PEMBAHASAN :
Gagasan utama atau gagasan pokok merupakan pernyataan umum yang terdapat pada kalimat utama. Kalimat tersebut bersifat umum dengan ditandai kata yang merujuknya.

Kata kunci: Di bangunan Taman Kupu kita dapat menikmati panorama kupu-kupu. (bangunan Taman Kupu ). Kata yang merujuknya: Bangunan ini …. (kalimat kedua); Di sini …. (kalimat ketiga); Bahkan, di sini …. (kalimat keempat)

Posted Januari 20, 2011 by mtsmudenpasar in Analisis Nonsastra

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: