MENDENGARKAN LAPORAN   Leave a comment

Ngomong apa tu. Pakai baca lagi
Berdoa ! Jangan ribut

A: Dingin tahu. Ayo lihat lagi yang di sana!
B: Hei dak boleh… tu tempat orang kampung

TUJUAN: Siswa dapat menganalisis laporan

Kompetensi Dasar : Siswa dapat menemukan isi laporan yang diperdengarkan

Laporan adalah sesuatu yang dilaporkan. Sesuatu tersebut dapat berupa penelitian, perjalanan, ataupun peristiwa. Dalam penulisan dan
penyampaian laporan, tentu terdapat kesalahan atau kekurangan sehingga diperlukan analisis atau penilaian dari orang lain. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memenuhi laporan adalah sistematika atau susunannya dan bahasa yang digunakan.

Dalam menemukan isi laporan yang diperhatikan adalah hal sbb:

a. apa yang dipaparkan?

b. siapa yang terlibat dalam hal yang dilaporkan?

c. di mana hal yang dilaporkan terjadi?

d. kapan hal yang dilaporkan terjadi?

e. berapa jumlah hal dilaporkan terlibat/terjadi?

f. mengapa hal yang dilaporkan terjadi?

Keenam elemen pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan dasar yang bisa dikembangkan lagi. Tergantung dari substansi/masalah yang dilaporkan. Semakin berat masalah yang dilaporkan makin rumit pula pengembangan pertanyaannya. Contoh : Laporan ilmiah, Laporan penetian, Laporan pemeriksaan keuangan, Laporan pertanggungjawaban kepala negara di hadapan wakil rakyat dst.

Selain masalah isi, setiap laporan menggunakan bahasa baku. Yakni sesuai kaedah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kejelasan dan kelugasan bahasa harus diperhatikan agar laporan tidak menimbulkan penafsiran ganda.

Sebagai bahan latihan dengarkan laporan berikut dengan baik:

PENERIMA BEASISWA SENI DAN BUDAYA INDONESIA (BSBI)

Negara Indonesia kaya akan kebudayaan daerah yang tersebar di seluruh Nusantara. Untuk mengenalkan budaya Nusantara tersebut kepada masyarakat domestik dan mancanegara, pemerintah menyelenggarakan program Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) bagi warga asing. Selain itu, BSBI ini juga bertujuan untuk memantapkan identitas Indonesia di mata dunia. Saya, ketua panitia penyelenggara pergelaran, melaporkan sebanyak 50 penerima beasiswa Seni dan Budaya Indonesia, pada Minggu, 19 Agustus 2007, telah sukses menggelar pementasan hasil pelatihan seni dan studi mereka selama tiga bulan di Indonesia. Pergelaran para mahasiswa asing itu berlangsung meriah dengan dukungan 1.000 mahasiswa dari 19 perguruan tinggi di seputar Jabotabek dan Bandung. Acara tersebut dibuka oleh Direktur Diplomasi Publik Departemen Luar Negeri Republik Indonesia, yaitu Bapak Umar Hadi. Pada akhir acara, acara itu ditutup oleh Menteri Luar Negeri, Bapak Hasan Wirajuda. Peristiwa tersebut juga disaksikan langsung oleh sejumlah pejabat tinggi negara dan sejumlah duta besar dari berbagai negara. Pergelaran seni dan budaya Indonesia pada Minggu, 19 Agustus 2007 mempertunjukkan seni tari, seni musik, dan lagu dari empat daerah, yaitu Bandung, Solo, dan Yogyakarta. Latihan proses prapergelaran dilaksanakan di Taman Sari Art Center, selama tiga bulan, kemudian pertunjukkan digelar di Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Peraih BSBI dari Malaysia, Noor Aznizar, tampil meyakinkan dalam memerankan tokoh Sri Rama dalam pergelaran Rama Sinta. Pemain yang lain tampil tidak kalah memukau. Program BSBI ini diperkenalkan pada tahun 2003 dan jumlah peserta terus bertambah sampai tahun ini. Dua puluh lima negara peserta BSBI, yaitu negara Forum Dialog Pasifik Barat Daya, Forum Kepulauan Pasifik, ASEAN dan plus tiga negara (Cina,Jepang, dan Korea Selatan).

 

JAWABLAH  DENGAN TEPAT PERTANYAAN BERIKUT

1. Sebutkan sistematika laporan yang baik?

2. Apa isi pembukaan laporan di atas?

3. Sebutkan tiga isi laporan di atas?

4. Bagaimana pendapatmu tentang bahasa yang digunakan dalam laporan di atas?

5. Bagaimana pendapatmu tentang penutup laporan di atas?

Posted Juni 16, 2012 by mtsmudenpasar in MATERI KELAS 8

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: