BAB III: 2. Menulis Laporan   Leave a comment

TELITI TEKUN PERCAYA DIRI

 

KOMPETENSI DASAR: Siswa dapat menulis laporan dengan bahasa yang baik dan benar

MATERI: Laporan

RINGKASAN

Setelah mahir menanggapi laporan, kamu akan belajar menulis laporan. Untuk keperluan
penulisan laporan, kamu harus melalui beberapa tahap.
1. Melakukan Kegiatan Observasi
Hal-hal yang harus dilakukan ketika obsrevasi adalah
a. Mencatat data yang diperlukan dan menyesuaikannya dengan tujuan/fungsi laporan,
b. melakukan survei tempat dan melanjutkan observasi,
c. menemui narasumber untuk wawancara sebagai bukti penguat dan referensi, dan
d. Mencatat hasil observasi.
2. Menulis Kerangka Laporan
Setelah observasi, susunlah laporannya. Kamu harus mengikuti kaidah yang berlaku dengan
sistematika yang baik dan mudah dipahami. Untukitu, kamu harus membuat kerangka laporan
terlebih dahulu.

Perhatikan contoh kerangka laporan berikut ini!

LAPORAN HASIL OBSERVASI
Upaya menjadikan kendaraan bersahabat dengan alam
I. Pendahuluan
II. Hasil Observasi
A. Mulai tumbuh kesadaran untuk menjaga lingkungan dan menekan pencemaran udara
B. Faktor-faktor pencemaran udara
C. Pengaruh pencemaran udara
D. Usaha menekan pencemaran udara
III. Kesimpulan dan Saran
3. Mengembangkan Kerangka Laporan dalam Beberapa Paragraf  dengan menggunakan Bahasa Baku

Tulislah paragraf isi laporan berdasarkan kerangka tersebut. Untuk
menulis laporan, bahasa yang digunakan adalah bahasa baku karena laporan
merupakan karya ilmiah.

JADIKAN MENULIS BUDAYA SETELAH MEMBACA

Latihan 3.3

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

1. Apa yang dimaksud dengan laporan tertulis?
2. Sebutkan contoh laporan?
3. Sebutkan langkah-langkah penulisan laporan yang baik!
4. Mengapa sebelum menulis laporan kita harus lakukan observasi?
5. Ragam bahasa apa yang digunakan dalam menulis laporan?
6. Apa fungsi kerangka laporan?
7. Bagaimana cara menulis laporan berdasarkan kerangka laporan?

 

JADIKAN KERJA SAMA WUJUDKAN IMPIAN JADI PENULIS

TUGAS KELOMPOK

Buatlah kelompok kecil yang terdiri atas 3 orang siswa. Kemudian, lakukan tugas-tugas berikut ini.
1. Lakukan sebuah kegiatan pengamatan ke suatu lokasi (bandara, museum, laboratorium, dll)
2. Catatlah data hasil pengamatan dan wawancara!
3. Buatlah kerangka laporan!
4. Kembangkan kerangka laporan menjadi laporan lengkap!

 

Posted Juni 26, 2012 by mtsmudenpasar in MATERI KELAS 8

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: