MUHASABAH PENDIDIK SMP/MTs   Leave a comment

Manis  Sesaat

 

16  KESALAHAN DALAM MENDIDIK/MEMBIMBING ANAK :

1. MEMATAHKAN KEMAUAN ANAK
2. MENGHINA MENGATAKAN ANAK JELEK SEPERTI : BODOH,JAHAT,NAKAL DAN KATA – KAT BURUK LAINNYA
3. MENAKUTI ANA DENGAN ORANG – ORANG YNG SEHARUSNYA DICINTAI DAN DIKAGUMI SEPERTI DENGAN AYAHNYA
     DOKTER,POLISI,GURU
4. MENEGUR ANAK DENGAN SUARA MEMBENTAK ATAU KERAS
5. TERLALU BANYAK MELARANG ANAK DENGAN MENGATAKAN JANGAN
6. BERTENGKAR DENGAN ANAK
7. MELABELI ANAK DENGAN DENGAN LABEL YANG MENGHINA ATAU BURUK
8. BERBICARA TERLALU BANYAK PADA ANAK DENGAN MAKSUD MELARANG
9. MEMBOHONGI ANAK
10. SUKA MEMBESAR BESARKAN KESALAHAN ANAK
11. TIDAK MELATIH ANAK BEKERJA
12. MEMPROGRAM ANAK DENGAN PROGRAM KEGAGALAN
13. MENJADIKAN PEKERJAAN SEBAGAI ALAT MENGHUKUM
14. MENGHINA ANAK DIDEPAN KAWAN – KAWANNYA
15. MEMBANDING – BANDINGKAN ANAK DENGAN SAUDARA ATAU TEMANNYA
16. MENURUTI KEMAUAN ANAK

 

PSIKOLOGI PERKEMBANGAN

Masa Kanak-Kanak Akhir

YANG TERKENANG

Usia 6 sampai 13 tahun
Tiga ciri utama pada masa akhir (late childhood) adalah sebagai berikut:

–  Dorongan anak untuk keluar dari rumah dan masuk kedalam kelompok sebaya (peer group)

–  Keadaan fisik yang mendorong anak untuk masuk kedalam permainan dan perkerjaan yang membutuhkan keterampilan otot-otot

–  Dorongan mental untuk memasuki dunia konsep-konsep, logika, simbol, dan komunikasi secara dewasa.

 

PEMBELAJARAN LANGSUNG

 

Ada Sembilan tugas-tugas perkembangan pada masa ini, yaitu berikut ini :
1.  Mempelajari keterampilan fisik yang diperlukan untuk permainan mempelajari kehidupan fisik merupakan hal yang penting untuk
      permainan dan aktivitas fisik karena hal itu mempunyai nilai yang tinggi pada masa anak-anak. Secara psikologis anak sebaya akan
      mengajarkanya.
2.  Membina sikap yang sehat terhadap dirinya sendiri sebagai suatu organisme yang sedang berkembang
3.  Belajar bergaul dengan teman sebaya
4.  Belajar berperan sebagai pria dan wanita secara tepat
5.  Mengembangkan dasar-dasar keterampilan membaca,menulis, dan berhitung dengan baik
6.  Mengembangkan konsep-konsep yang diperlukan dalam kehidupan seahri-hari
7.  Mengembangkan kata hati, moral, dan skala-skala nilai
8.  Mencapai kemerdekaan pribadi
7.  Mengembangkan sikap terhadap kelompok dan lembaga-lembaga sosial
8.  Ketermpilan menolong diri sendiri (self-help skill), yaitu ketermpilan untuk aktifitas diri sendiri, seperti mandi, makan, dan
      berpakaian.

9.  Keterampilan membantu yang bersifat social (sosial) social-help skill, yaitu ketermpilan yang diperlukan untuk membantu orang
      lain dalam kehidupan di masyarakat
10. Keterampilan sekolah (school skill), yaitu berbagai keterampilan yang diperlukan untuk memenuhi tugas-tugas di sekolah, seperti
        membaca, menulis
11. Ketermapilan bermain (play skill), yaitu berbagai keterampilan yang diperlukan untuk bermain sendiri ataupun bersama orang
       lain, seperti saling membantu, disiplin.

 

Posted Oktober 3, 2012 by mtsmudenpasar in BK/BK

Tagged with ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: