KISI-KISI UUB B.INDONESIA KELAS IX   Leave a comment

APAAN TU YAAA

KISI-KISI UUB SMP/MTs KOTA DENPASAR 2012

BAHASA INDONESIA KELAS IX

 

MATERI

INDIKATOR

Dialog

Cara mengkritik karya seni dan implementasinya

 

 

 

 

 

 

Kata berimbuhan asing

 

 

Laporan peristiwa

 

 

 

 

Iklan baris

Daftar indeks



 

 

 

Penulisan iklan baris

 


 

 

 


 

 

 


 

 

Resensi buku

 

 

 

 

 

 

 

 

Menyunting

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Syair

 

 

 

Cerpen

 

 

 

 


 

Musikalisasi puisi

 

  1. Disajikan dialog, siswa dapat menentukan isi dialog
  2. Disajikan dialog, siswa dapat menentukan pokok-pokok pikiran narasumber dalam dialog
  3. Disajikan dialog, siswa dapat menentukan tema dialog
  4. Disajikan dialog, siswa dapat menentukan kalimat pendapat
  5. Disajikan dialog, siswa dapat kalimat tanggapan yang tepat untuk dialog
  6. Disajikan dialog, siswa dapat menentukan informasi yang tersirat dalam dialog
  7. Disajikan kalimat langsung, siswa dapat menentukan perubahannya
  8. Disajikan sebait puisi, siswa dapat menentuka keunggulan puisi
  9. Siswa dapat menentukan kelemahan/ kekurangan puisi

10. Siswa dapat menentuka kalimat pernyataan yang berisi kritikan yang santun

11. Disajikan sebuah ilustrasi, siswa dapat menentukan kalimat kritikan yang kurang

santun    terhadap ilustrasi tsb

12. Siswa dapat menentukan penggunaan kata berimbuhan asing yang tepat dalam

kalimat    kritikan terhadap karya seni

13. Disajikan sebuah kalimat laporan berita, siswa dapat menentukan unsure yang

terdapat    dalam berita tersebut

14. Siswa dapat menentukan deskripsi kejadian yang melaporkan peristiwa secara

jelas

15. Disajikan gambar peristiwa, siswa dapat menentukan kalimat  laporan yang sesuai

dengan gambar

16. Disajikan dua buah laporan berita, siswa dapat menentukan perbedaan teknik

penyajian      berita

17. Disajikan iklan baris, siswa dapat menentukan bagian iklan baris yang berupa fakta

18. Disajikan iklan, siswa dapat menentukan bagian iklan yang berupa opini

19. Siswa dapat menentukan kalimat iklan yang berupa fakta

20. Siswa dapat menentukan kalimat iklan yang berupa opini

21. Disajikan iklan baris, siswa dapat menentukan pernyataan yang tidak sesuai

dengan isi    iklan

22. Disajikan daftar indeks, siswadapat menentukan  nomor2 halaman dari kata2 yang

terdapat dalam daftar indeks

23. Siswa dapat menentukan kata2 yang terdapat pada nomor2 halaman yang

terdapat      dalam  daftar indeks

24. Disajikan daftar kata dengan nomor halaman, siswa dapat menentukan urutan

urutan

penulisan daftar indeks yang benar

25. Siswa dapat menentukan hal2 yang tidak perlu diperhatikan dalam penulisan daftar

indeks

26. Disajikan iklan baris, siswa dapat menentukan arti singkatan dalam iklan

27. Siswa dapat menentukan unsure yang kurang pada iklan baris yang disajikan

28. Disajikan ilustrasi/gambar, siswa dapat menentukan iklan yang tepat untuk ilustrasi

tsb

29. Disajikan iklan baris, siswa dapat menentukan deskripsi yang benar dari isi iklan

30. Siswa dapat menentukan butir2 yang tidak perlu dicantumkan dalam iklan baris

31. Siswa dapat menentukan criteria bahasa iklan

32. Disajikan kutipan resensi buku, siswa dapat menentukan  unsure yang

dikemukakan      dalam resensi

33. Disajikan kuitpan kalimat resensi buku, siswa dapat menentukan hal yang

diungkapkan pada kutipan tersebut

34. Siswa dapat menentukan kalimat yang mengungkapkan kelemahan isi buku yang

diresensi

35. Siswa dapat menentukan hal yang tidak perlu dicantumkan dalam identitas buku

ketika meresensi

36. Disajikan yang  paragraph, siswa dapat menentukan

penggunaan kata serapan asing yang kurang tepat dalam

paragraph

37. Disajikan paragraph, siswa dapat menentukan kalimat

sumbang dalam wacana

38. Disajikan sejumlah kalimat, siswa dapat menentukan kalimat

yang efektif

39. Disajikan kalimat yang tidak efektif, siswa dapat menentukan

perbaikan yang benar dari kalimat yang disajikan

40. Disajikan kalimat yang tidak efektif, siswa dapat menentukan

penyebab ketidakefektifan kalimat tsb

41. Disajikan wacana yang salah satu kalimatnya

dirumpangkan, siswa dapat menentukan kalimat yang tepat

untuk melengkapi bagian yang rumpang

42. Disajikan syair, siswa dapat menentukan tema syair

43. Siswa dapat menentukan pesan syair

44. Siswa dapat perbedaan/ persamaan syair dan pantun

45. Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menyimpulkan isi

Cerpen

46. Siswa dapat menentukan sudut pandang cerpen

47. Siswa dapat menentukan latar cerpen

48. Siswa dapat menentukan watak tokoh dalam cerpen

49. Siswa dapat menentukan nilai2 kehidupan dalam cerpen

50. Disajikan kutipan puisi, siswa dapat menentukan irama yang

paling sesuai untuk memusikalisasi puisi tsb

Dikutip dari MGMP Bahasa Indonesia SMP/MTs Kota Denpasar

dengan perubahan format

Posted November 14, 2012 by mtsmudenpasar in SKL BI

Tagged with ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: