Memahami Sifat Tuhan Melalui Puisi   Leave a comment

DOALAH DISAAT YANG TEPAT

DOALAH DISAAT YANG TEPAT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Doa

Kepada pemeluk teguh

Tuhanku,

Dalam termangu

Aku masih menyebut namaMu

Biar susah sungguh

Menyebut Kau penuh seluruh

CahayaMu panas suci

Tinggal kerdip lilin

di kelam sunyi

Tuhanku,

Aku hilang bentuk

Remuk

Tuhanku,

Aku mengembara di negeri asing

Tuhanku,

Di pintuMu aku mengetuk

Aku tidak bisa berpaling

(Chairil Anwar: Deru Campur Debu)

 No.  Unsur Intrinsik

 

Pernyataan

 

Bukti Kutipan

 

1

Tema Ketuhanan Kata “Tuhan” disebut  empat kali 

2

Amanat
  1. Mengingat Tuhan ketika dalam kondisi apapun.
  2. Hanya kepada Tuhan kita mengabdi dan memohon.

 

  1. Aku masih menyebut namaMu

Biar susah sungguh

Menyebut Kau penuh seluruh

  1.  Di pintuMu aku mengetuk

Aku tidak bisa berpaling

3

Diksi
  1. Terlalu kecil cahaya Tuhan yang kita dapatkan
  2. Mengingat Tuhan hingga lupa urusan merawat diri
  3. Di dunia

 

  1. a.      CahayaMu panas suci

      Tinggal kerdip lilin

di kelam sunyi

  1. Tuhanku,

Aku hilang bentuk

      Remuk

  1. Tuhanku,

Aku mengembara di negeri asing

 

4

Majas
  1. Metafora
  2. Ironi
  3. CahayaMu panas suci
  4. Tinggal kerdip lilin
      di kelam sunyi

5

Citraan
  1. Citraan perasaan
  2. Citraan penglihatan
  3. CahayaMu panas suci
  4. Tinggal kerdip lilin
      di kelam sunyi

6

Rima Bunyi  vocal [ u ]Bunyi konsonan [ k ] [n ] [ng ]Rima yang digunakan yakni rima tengah  untuk bunyi vocal

Dan rima akhir untuk konsonan

Tuhanku,Aku hilang bentuk

Remuk

 

HASIL DISKUSI EKSTRA JURNALISTIK 25 JANUARI 2014

“Memahami sifat Tuhan melalui teks puisi “Doa” karya Chairil Anwar

Posted Februari 11, 2014 by mtsmudenpasar in Analisis Sastra, MATERI KELAS 7

Tinggalkan Balasan

